Food and Pleasure

Tuesday, March 27, 2018

Pempek Sosis dan Bakso? Gini Cara Bikinnya..


Gak tau kenapa pengen banget ngemil tapi nggak mau beli karena biasanya kalo saya ngemil masa tega nggak beliin anak dan suami? Dan dah pasti jajanan sekarang mana ada yang murah kalo beli?, pun kalo mau banyak mau nggak mau harus bisa bikin sendiri supaya bisa puas makannya. Nah yang jadi masalah adalah saya belom tau sama sekali cara bikinnya, ada keraguan bakalan sukses apa nggak ya?

Tapi semua diawali dengan niat yang kuat dan percaya diri dong. Toh saya bikin untuk menyenangkan keluarga, yang udah-udah sih bikin apa aja pada suka walaupun rasa nomor sekian yang penting ada cemilan yang bisa dimakan, hehehe.

Kali ini saya pingin banget pempek walau agak pesimis karena kepengennya muncul di siang bolong dan udah pasti bahan bakunya si ikan tenggiri udah nggak ada di pasar. Muncul ide nggak usah pake ikan tenggiri mungkin juga yahud ya. Toh mamang yang jual mpek-mpek di sekolahan juga nggak pake ikan tapi rasanya ya gitu deh, sesuai harga. Nah supaya beda saya menambahkan sosis dan bakso sebagai isi mpek-mpeknya, biar keren dikit dong. Penasaran? Simak yuuk resep dan cara bikinnya

Bahan Pempek:
300 gr terigu
300 gr tapioka
1 sdm garam
1 bungkus penyedap
1 butir telur
500 ml air mendidih 
6 bh bawang putih cincang
Sosis dan bakso
minyak untuk menggoreng

+ 2 liter air untuk merebus adonan


Bahan Kuah:
250 gr gula merah
asam jawa sesuai selera (didihkan pada sedikit air lalu saring)
10 bh rawit merah
6 bh bawang putih
2 sdm garam
500 ml air

Saya tak menggunakan cuka karena gak bagus buat lambung saya.
Caranya:
Campurkan terigu, garam, bawang putih dan penyedap lalu aduk hingga rata. Perlahan tuang air mendidih secara, aduk dengan sendok kayu karena panas hingga adonan menggumpal dan berubah bentuk menjadi seperti bubur kenyal. Diamkan selama 10 menit supaya uapnya keluar

Lalu masukan telur aduk kembali hingga rata kemudian masukan tapioka perlahan hingga habis. Aduk merata adonannya nggak kalis kayak adonan kue, masih lengket gitu. 


Sekarang tinggal cetak adonan. Caranya balur tangan dengan tapioka supaya nggak lengket ambil adonan sesuai selera, masukan sosis lalu bungkus sosis sampai semua permukaannya tertutup. Lakukan hal itu pada bakso juga. Gampangnya saya bikin pempek sosis dengan bentuk lonjong pipih, bakso dengan bentuk bulat.

Pempek mentah tadi rebus dalam air mendidih selama kurang lebih 5-10 menit, lalu angkat dan tiriskan. Setelah itu lumuri lagi dengan tepung tapioka supaya nggak lengket dan saat digoreng nggak bikin minyaknya berhamburan. Berikutnya panaskan minyak, lalu goreng pempeknya. Jadi deh.

Untuk kuah, haluskan bawang putih dan cabe rawit kemudian masukan dalam panci campur dengan air, gula merah, air asam jawa dan garam. Supaya cepat matang, gula merahnya iris tipis-tipis dulu ya. Setelah mendidih saring supaya nggak ada ampasnya. Nah siap deh dihidangkan. Gimana gampang kan? Kalo saya bisa bikin 14 buah pempek seukuran kapal selam dengan takaran adonan seperti itu. Hemat kan? Selamat mencoba






Thursday, March 22, 2018

Pancake Teflon Nidova, Cemilan Enak dan Gampang....



Sesekali sarapan nggak melulu dengan menu nasi lengkap ya. Apalagi kalau weekend biasanya lebih santai tidak seperti hari lainnya, kebiasaan keluarga saya adalah wajib sarapan dan membawa bekal baik ke kantor ataupun ke sekolah. Selain sehat, makanan rumah juga lebih bersih dan hemat mau bawa banyak juga nggak masalah asal mampu aja menghabiskan. Prinsipnya nggak boleh ada makanan yang mubazir.



Tapi nggak ada salahnya juga mencoba menu baru biar terkesan variatif dan nggak ngebosenin ya. Kali ini saya pengen bikin pancake, kebetulan semua bahannya ada di rumah kalau nggak ada juga tinggal ke warung tetangga ya karena bukan bahan yang ngejelimet. Yuk disimak

Bahan :
250 terigu tinggi protein
2 butir telur
4 sdm gula
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili
4 sdm mentega yang dicairkan
1/2 sdt baking soda
5 sdm susu bubuk (ganti susu cair juga gak apa)
250 ml air 

Isi:
Mesis
Keju
Susu kental manis
dan lain-lain sesuai selera aja

Caranya:
Masukkan terigu, telur, vanili, susu, gula, baking soda dan garam, aduk rata

Tuang mentega cair dan air pelan-pelan, lalu aduk lagi hingga adonan tidak kental seperti adonan martabak dan tidak terlalu encer

Siapkan teflon, panaskan dengan api kecil kalau saya pakai yang diameter 15 cm. Setelah itu masukkan 1 sendok sup adonan, ratakan dengan bagian bawah sendok sup agar lebih tipis, langsung ditabur coklat, keju parut, susu kental

Tunggu hingga adonan tak lagi nampak lengket lalu lipat dua deh. Lakukan hal itu terus menerus hingga adonannya habis.

Sebenarnya dengan komposisi bahan diatas menghasilkan 10-15 pancake tapi yang bisa difoto hanya beberapa karena begitu matang, dipindahkan ke piring malah keburu lenyap. Hehehe

Gimana gampang kan? Usahakan nggak usah sering jajanlah, bikin sarapan ini gampang banget bisa buat cemilan juga loh. Nah selamat mencoba ya



Tuesday, March 20, 2018

Mie Ayam Nidova Tanpa Mecin.. Ini Resepnya....


Saya penggemar mie ayam banget apalagi pakai bakso dan pangsit goreng. Cuma kadang abis makan mie rasanya kok kerongkongan seret banget dan bawaannya jadi haus melulu. Katanya siy efek mecin, ah Wallahu álam deh. Karena mikirin enak dan kenyang apalagi kalo tambah sambel,hm... dijamin makin enak aja dan nggak menghiraukan mecin.

Nah kali ini saya coba bikin mie ayam sendiri dengan kemampuan yang luar biasa pede nya hehehe.. Modal pandai memasak itu kudu pede dulu dong, urusan enak atau nggak enak mah dipikirinnya nanti dulu. Toh namanya belajar masak pasti ada prosesnya dong. Bocah aja belajar jalan pake jatuh-jatuh dulu. Ya gak?? Sekarang yuk kita fokus sama resep mie ayamnya.

Bahan:
1 bungkus mie ayam mentah (bisa untuk 10 porsi), udah banyak yang jual kok di pasar
1 bungkus pangsit mentah ini juga ada di pasar
1/4 kg sawi hijau
3/4 kg daging dada ayam fillet
1/2 kg tulang ayam untuk diambil kaldunya
1/2 sdt lada hitam bubuk

Bumbu yang dihaluskan:
1 cm jahe 
3 bh bawang merah
3 bh bawang putih
3 lembar daun jeruk

Pelengkap:
daun bawang diiris sesuai selera
kecap manis sesuai selera
garam secukupnya
bawang goreng
bakso sapi sebungkus isi 40 bh
minyak goreng 
air secukupnya
saos sambal

Caranya:
1. Membuat Topping Ayam

Iris dada ayam fillet, haluskan bumbu. Lalu siapkan wajan diatas kompor dengan api sedang, masukkan 2 sdm minyak goreng kemudian tumis bumbu hingga harum. Setelah itu masukkan irisan daging ayam tambahkan air, lada hitam bubuk, kecap manis, garam dan irisan daun bawang. Masak hingga matang kurang lebih hanya 10 menit. Jadi deh

2. Membuat Pangsit Goreng

Karena pangsit yang dari pasar berbentuk lembaran dan masih mentah, nah tinggal di goreng deh kayak menggoreng kerupuk aja kok. Bila sudah kecoklatan angkat deh

3. Mengolah Mie Mentah dan Sawi Hijau

Sama dengan pangsit, mie juga masih mentah. Rebus air tunggu hingga mendidih, masukkan mie dan masak sesuai selera. Kalau saya sukanya 1/2 matang

Begitu juga dengan sawi hijau, saya menggunakan wadah yang berbeda dengan mie. Karena rebusan mie makin lama makin mengental karena tepungnya tertinggal di wajan. Potong sawi lalu rebus sebentar dalam air mendidih

4. Membuat Kuah Mie

Siapkan wajan isi dengan air, masukkan tulang ayam rebus hingga kari tulang ayamnya mulai tercium harum tambahkan sedikit garam, bakso dan irisan daun bawang. Jadi kuahnya  harum tanpa perlu menambahkan lagi irisan daun bawang di mangkok. Nah jadi deh

Yuuk sekarang plating ke mangkuk, seperti mamang mie ayam yang profesional dong. Masukkan mie, lalu kuah, bakso, taburi dengan bawang goreng, pangsit goreng plus saos. Hm.. sedap!! 

Gimana gampil kan?? kalo mau nambah juga boleh sesukanya. Pun kalau ayamnya nggak habis jangan khawatir masih bisa dimakan bareng nasi kok alias jadi lauk. Nah semoga bermanfaat yaa

Mau coba menu lain yuuk klik