Food and Pleasure: 2018

Tuesday, March 27, 2018

Pempek Sosis dan Bakso? Gini Cara Bikinnya..


Gak tau kenapa pengen banget ngemil tapi nggak mau beli karena biasanya kalo saya ngemil masa tega nggak beliin anak dan suami? Dan dah pasti jajanan sekarang mana ada yang murah kalo beli?, pun kalo mau banyak mau nggak mau harus bisa bikin sendiri supaya bisa puas makannya. Nah yang jadi masalah adalah saya belom tau sama sekali cara bikinnya, ada keraguan bakalan sukses apa nggak ya?

Tapi semua diawali dengan niat yang kuat dan percaya diri dong. Toh saya bikin untuk menyenangkan keluarga, yang udah-udah sih bikin apa aja pada suka walaupun rasa nomor sekian yang penting ada cemilan yang bisa dimakan, hehehe.

Kali ini saya pingin banget pempek walau agak pesimis karena kepengennya muncul di siang bolong dan udah pasti bahan bakunya si ikan tenggiri udah nggak ada di pasar. Muncul ide nggak usah pake ikan tenggiri mungkin juga yahud ya. Toh mamang yang jual mpek-mpek di sekolahan juga nggak pake ikan tapi rasanya ya gitu deh, sesuai harga. Nah supaya beda saya menambahkan sosis dan bakso sebagai isi mpek-mpeknya, biar keren dikit dong. Penasaran? Simak yuuk resep dan cara bikinnya

Bahan Pempek:
300 gr terigu
300 gr tapioka
1 sdm garam
1 bungkus penyedap
1 butir telur
500 ml air mendidih 
6 bh bawang putih cincang
Sosis dan bakso
minyak untuk menggoreng

+ 2 liter air untuk merebus adonan


Bahan Kuah:
250 gr gula merah
asam jawa sesuai selera (didihkan pada sedikit air lalu saring)
10 bh rawit merah
6 bh bawang putih
2 sdm garam
500 ml air

Saya tak menggunakan cuka karena gak bagus buat lambung saya.
Caranya:
Campurkan terigu, garam, bawang putih dan penyedap lalu aduk hingga rata. Perlahan tuang air mendidih secara, aduk dengan sendok kayu karena panas hingga adonan menggumpal dan berubah bentuk menjadi seperti bubur kenyal. Diamkan selama 10 menit supaya uapnya keluar

Lalu masukan telur aduk kembali hingga rata kemudian masukan tapioka perlahan hingga habis. Aduk merata adonannya nggak kalis kayak adonan kue, masih lengket gitu. 


Sekarang tinggal cetak adonan. Caranya balur tangan dengan tapioka supaya nggak lengket ambil adonan sesuai selera, masukan sosis lalu bungkus sosis sampai semua permukaannya tertutup. Lakukan hal itu pada bakso juga. Gampangnya saya bikin pempek sosis dengan bentuk lonjong pipih, bakso dengan bentuk bulat.

Pempek mentah tadi rebus dalam air mendidih selama kurang lebih 5-10 menit, lalu angkat dan tiriskan. Setelah itu lumuri lagi dengan tepung tapioka supaya nggak lengket dan saat digoreng nggak bikin minyaknya berhamburan. Berikutnya panaskan minyak, lalu goreng pempeknya. Jadi deh.

Untuk kuah, haluskan bawang putih dan cabe rawit kemudian masukan dalam panci campur dengan air, gula merah, air asam jawa dan garam. Supaya cepat matang, gula merahnya iris tipis-tipis dulu ya. Setelah mendidih saring supaya nggak ada ampasnya. Nah siap deh dihidangkan. Gimana gampang kan? Kalo saya bisa bikin 14 buah pempek seukuran kapal selam dengan takaran adonan seperti itu. Hemat kan? Selamat mencoba






Thursday, March 22, 2018

Pancake Teflon Nidova, Cemilan Enak dan Gampang....



Sesekali sarapan nggak melulu dengan menu nasi lengkap ya. Apalagi kalau weekend biasanya lebih santai tidak seperti hari lainnya, kebiasaan keluarga saya adalah wajib sarapan dan membawa bekal baik ke kantor ataupun ke sekolah. Selain sehat, makanan rumah juga lebih bersih dan hemat mau bawa banyak juga nggak masalah asal mampu aja menghabiskan. Prinsipnya nggak boleh ada makanan yang mubazir.



Tapi nggak ada salahnya juga mencoba menu baru biar terkesan variatif dan nggak ngebosenin ya. Kali ini saya pengen bikin pancake, kebetulan semua bahannya ada di rumah kalau nggak ada juga tinggal ke warung tetangga ya karena bukan bahan yang ngejelimet. Yuk disimak

Bahan :
250 terigu tinggi protein
2 butir telur
4 sdm gula
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili
4 sdm mentega yang dicairkan
1/2 sdt baking soda
5 sdm susu bubuk (ganti susu cair juga gak apa)
250 ml air 

Isi:
Mesis
Keju
Susu kental manis
dan lain-lain sesuai selera aja

Caranya:
Masukkan terigu, telur, vanili, susu, gula, baking soda dan garam, aduk rata

Tuang mentega cair dan air pelan-pelan, lalu aduk lagi hingga adonan tidak kental seperti adonan martabak dan tidak terlalu encer

Siapkan teflon, panaskan dengan api kecil kalau saya pakai yang diameter 15 cm. Setelah itu masukkan 1 sendok sup adonan, ratakan dengan bagian bawah sendok sup agar lebih tipis, langsung ditabur coklat, keju parut, susu kental

Tunggu hingga adonan tak lagi nampak lengket lalu lipat dua deh. Lakukan hal itu terus menerus hingga adonannya habis.

Sebenarnya dengan komposisi bahan diatas menghasilkan 10-15 pancake tapi yang bisa difoto hanya beberapa karena begitu matang, dipindahkan ke piring malah keburu lenyap. Hehehe

Gimana gampang kan? Usahakan nggak usah sering jajanlah, bikin sarapan ini gampang banget bisa buat cemilan juga loh. Nah selamat mencoba ya



Tuesday, March 20, 2018

Mie Ayam Nidova Tanpa Mecin.. Ini Resepnya....


Saya penggemar mie ayam banget apalagi pakai bakso dan pangsit goreng. Cuma kadang abis makan mie rasanya kok kerongkongan seret banget dan bawaannya jadi haus melulu. Katanya siy efek mecin, ah Wallahu Γ‘lam deh. Karena mikirin enak dan kenyang apalagi kalo tambah sambel,hm... dijamin makin enak aja dan nggak menghiraukan mecin.

Nah kali ini saya coba bikin mie ayam sendiri dengan kemampuan yang luar biasa pede nya hehehe.. Modal pandai memasak itu kudu pede dulu dong, urusan enak atau nggak enak mah dipikirinnya nanti dulu. Toh namanya belajar masak pasti ada prosesnya dong. Bocah aja belajar jalan pake jatuh-jatuh dulu. Ya gak?? Sekarang yuk kita fokus sama resep mie ayamnya.

Bahan:
1 bungkus mie ayam mentah (bisa untuk 10 porsi), udah banyak yang jual kok di pasar
1 bungkus pangsit mentah ini juga ada di pasar
1/4 kg sawi hijau
3/4 kg daging dada ayam fillet
1/2 kg tulang ayam untuk diambil kaldunya
1/2 sdt lada hitam bubuk

Bumbu yang dihaluskan:
1 cm jahe 
3 bh bawang merah
3 bh bawang putih
3 lembar daun jeruk

Pelengkap:
daun bawang diiris sesuai selera
kecap manis sesuai selera
garam secukupnya
bawang goreng
bakso sapi sebungkus isi 40 bh
minyak goreng 
air secukupnya
saos sambal

Caranya:
1. Membuat Topping Ayam

Iris dada ayam fillet, haluskan bumbu. Lalu siapkan wajan diatas kompor dengan api sedang, masukkan 2 sdm minyak goreng kemudian tumis bumbu hingga harum. Setelah itu masukkan irisan daging ayam tambahkan air, lada hitam bubuk, kecap manis, garam dan irisan daun bawang. Masak hingga matang kurang lebih hanya 10 menit. Jadi deh

2. Membuat Pangsit Goreng

Karena pangsit yang dari pasar berbentuk lembaran dan masih mentah, nah tinggal di goreng deh kayak menggoreng kerupuk aja kok. Bila sudah kecoklatan angkat deh

3. Mengolah Mie Mentah dan Sawi Hijau

Sama dengan pangsit, mie juga masih mentah. Rebus air tunggu hingga mendidih, masukkan mie dan masak sesuai selera. Kalau saya sukanya 1/2 matang

Begitu juga dengan sawi hijau, saya menggunakan wadah yang berbeda dengan mie. Karena rebusan mie makin lama makin mengental karena tepungnya tertinggal di wajan. Potong sawi lalu rebus sebentar dalam air mendidih

4. Membuat Kuah Mie

Siapkan wajan isi dengan air, masukkan tulang ayam rebus hingga kari tulang ayamnya mulai tercium harum tambahkan sedikit garam, bakso dan irisan daun bawang. Jadi kuahnya  harum tanpa perlu menambahkan lagi irisan daun bawang di mangkok. Nah jadi deh

Yuuk sekarang plating ke mangkuk, seperti mamang mie ayam yang profesional dong. Masukkan mie, lalu kuah, bakso, taburi dengan bawang goreng, pangsit goreng plus saos. Hm.. sedap!! 

Gimana gampil kan?? kalo mau nambah juga boleh sesukanya. Pun kalau ayamnya nggak habis jangan khawatir masih bisa dimakan bareng nasi kok alias jadi lauk. Nah semoga bermanfaat yaa

Mau coba menu lain yuuk klik

Friday, March 9, 2018

Rendang Ayam Nidova, Ini Resepnya.... Gampil Banget


Siapa yang gak suka rendang, pasti semua doyan apalagi rendang juga merupakan makanan favorit yang telah diakui dunia. Masakan penuh dengan cita rasa dan bumbu yang kuat dan terkenal dengan durasi memasaknya yang lama tapi abisnya cepet... hehehe karena enak jadi gak sadar kalau makan nambah mulu.


Biasanya bahan utama rendang adalah daging tapi sebenarnya masih banyak ragam bahan utama yang bisa dijadikan rendang misalnya ayam, bebek, jengkol, keong hingga hati sapipun bisa. Mantep ya.



Kali ini saya ingin coba masak rendang ayam, resep yang diturunkan Ibu pada saya walaupun ilmu saya masih cetek banget dibanding Ibu yang sudah handal dan mumpuni. Tapi yakinlah saat kita berusaha keras apalagi dibarengi niat yang ikhlas untuk membahagiakan keluarga pasti akan berbuah manis dan InsyaaAllah jadi enak. Udah nggak sabar kan yuk simak apa aja bahannya dan bagaimana caranya

Bahan:
1 kg ayam negri ( 1 ekor juga boleh) dipotong menjadi 8 bagian, kenapa? supaya ayamnya nggak hancur jangan lupa buang kulitnya dan cuci bersih ya. 
2 kelapa diambil santannya saja menjadi 3 liter

Bumbu yang dihaluskan:
6 bh bawang merah
6 buah bawang putih
2 cm lengkuas
2 cm jahe
1/2 sdt ketumbar
1 ons cabe merah (ini mah sesuai selera aja)
sedikit biji pala
1 lembar daun kunyit
4 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1 batang sereh
garam secukupnya
* gunakan air kelapa untuk menghaluskan kalau pakai blender, supaya rasa manis alaminya dapet

Seperti biasa semua daun ikut dihaluskan karena lebih enak, harum dan kandungan zat antioksidan pada daun tadi juga bermanfaat bagi tubuh loh plus jangan mubazir

Bahan yang lain yang ikut "dicemplungin":
5 bh cengkeh
3 cm kayu manis

Pasti pada nanya kenapa dua bahan ini nggak ikutan diblender. Hehehe karena kedua bahan ini punya aroma yang sungguh kuat luar biasa, yang ada nanti malah rendangnya kurang nikmat karena berasa makan rendang rasa cengkeh dan kayu manis.

Caranya:
Tuang santan dalam kuali besar dengan diameter 50cm, masukkan bumbu yang dihaluskan sekaligus cengkeh dan kayu manis dengan api sedang. Disini beda cara memasak rendang daging dan ayam. Kalau rendang daging, saat memasukkan santan dan bumbu, si daging ikut masuk sekaligus karena daging lebih lama matang dan empuk

Nah kalau rendang ayam justru si ayam masuknya belakangan setelah santannya mengental dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Kok begitu? Karena si ayam ini lebih cepet matang dan kalau dimasak lama malah hancur. 

Trus tandanya apa dong kalau ayam sudah siap bergabung dengan santan dan bumbu? Yang seperti saya bilang biarkan santan dan bumbu berubah warna menjadi kuning kecoklatan dan sudah mulai mengeluarkan minyak. Orang minang bilang kalau sudah berubah menjadi bumbu kaliyo nah baru deh si ayam dimasukkan, aduknya pelan pelan aja. Api dikecilkan agar gak gosong. Jangan pernah lupa mengaduk ya nanti takut bumbunya lengket. 

Aduknya gak perlu terus-terusan cukup 5 menit sekali aja, tunggu sampai kuah mulai mengering dan berubah warna menjadi coklat. Selama proses itu dijamin bau harumnya menyebar ke seluruh antero rumah dan bikin perut bernyanyi gembira.. hehehe

Kalau saya dari mulai menyiapkan bumbu hingga matang hanya perlu waktu 2 jam untuk memasak rendang ayam. Kalau rendang daging bisa 3-4 jam makanya saya lebih suka masak rendang ayam. Bukan apa-apa, masaknya aja lumayan lama abisnya itu loh cepet banget. Hehehe.. tanda berkah dan enak pastinyo ya... Gimana minat mau coba? Silahkan deh atau ada yang bingung? Monggo komen di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat

Thursday, March 8, 2018

Gulai Hijau Ikan Kuwe Plus Kacang Panjang.Hm.. Nikmat


Dulu saya nggak pernah tau ada ikan dengan nama Kuwe, maklumlah dilahirkan di daerah pegunungan jadi lebih akrab dengan ikan air tawar. Setelah seorang kawan mentraktir saya di restoran Manado , disana saya baru tau ikan Kuwe. Sejenis ikan laut dengan rasa dagingnya siy mirip bawal dan ikan kembung menurut saya loh.

Kemarin saya ke pasar dan menemukan ikan Kuwe, wah seneng dong pastinya. Pengen bikin masakan dengan olahan ikan yang rasanya kudu Padang bangetlah. Suami paling suka ikan karena beliau lahir dan tinggal di daerah pesisir pantai dan bisa dipastikan masakan ibu mertua lebih yahud saat mengolah ikan laut beserta "gank"laut lainnya. Setidaknya saya juga harus bisa menyajikan masakan laut dengan segenap kemampuan saya dong walau masih jauh kalah dari ibu mertua tetapi lebih baik mencoba kan?

Nah pilihan saya jatuh pada gulai, tapi tak mau gulai merah pingin gulai hijau biar variatif dikitlah dan harus dipadu dengan sayur. Kenapa? karena lagi males masak sayur terpisah dan biar irit juga jadi skalian sayurnya bisa nyemplung di dalam gulai. Maklum ibu rumah tangga harus pinter mensiasati lauk supaya bisa bikin 1 macem tapi mencakup segala protein dan vitamin (dibaca : males πŸ˜€). Penasaran dong resepnya kayak apa, yuk dibaca sampai tuntas ya.

Bahan :
1 ekor ikan Kuwe (punya saya 3/4), dipotong sesuai selera aja
10 bh kacang panjang dipotong 10cm
1/2 bh kelapa dijadikan 1 liter santan

Bumbu halus:
10 bh cabe hijau keriting 
10 bh cabe rawit hijau
5 bh bawang merah
5 bh bawang putih
1 cm lengkuas
2 cm jahe
4 bh daun jeruk
2 daun salam
1 cm kunyit 
1 bh daun sereh
Sedikit biji pala
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Inget smua daun diblender aja karena daun tadi banyak mengandung obat dan anti oksidan plus jangan mubazir juga, kalau bisa dikonsumsi kenapa harus dibuang.

Caranya gampang banget:
Masukkan santan, bumbu yang dihaluskan, kacang panjang dan ikan bersamaan lalu masak dengan api sedang. Tunggu deh hingga mendidih, gak perlu diaduk sering-sering ya nanti ikannya hancur. Untuk memasak gulai ikan saya hanya membutuhkan waktu 15 menit. Cepet kan? Nah seperti biasa untuk masakan bernuansa gulai ini lebih enak dimakan minimal 1 jam setelah matang supaya rasanya lebih meresap dan lebih mantap lagi.

Untuk resep aslinya kebiasaan orang minang dengan santan kental dari 1 kelapa, tapi mengingat usia yang tak lagi muda perhatikan juga kesehatan, ya kan? Apalagi kalau beli santan yang sudah diperas, dijamin 1/2 kelapa aja udah kentel kok. Penasaran? Silahkan dicoba deh... Semoga bermanfaat ya (nidov)

Tuesday, March 6, 2018

Satu Loyang Pizza Dengan Berbagai Rasa.. Mantep!!


Kali ini sesekali boleh ya saya nggak masak? Pengen juga dong jajan dan dimasakin sama yang lain. Hihihi... Biasanya kalo dimasakin orang kayaknya lebih enak ya karena walau bumbunya sama tapi kalau beda tangan jadi beda rasa.

Nah saya lagi iseng jalan-jalan ke Blok M Plaza, tempat nongkrong yang masih eksis sampai sekarang. Saya termasuk orang yang demen juga ke sini, gak tau kenapa enak aja jalan-jalan di mol ini. Walau nggak seramai dulu siy tapi lumayanlah masih lengkap juga kok.

Biasanya kalau ke sini pasti makan deh nggak peduli tempat makannya pasti sama aja di satu tempat itu-itu lagi karena restoran satu itu menyajukan lumayan banyak variasi menu dan minuman, pasti tau deh yang suka nangring disana tempatnya deket sama bioskop.

Cuma kali ini pengen ngerasain yang beda ah, kayaknya makan nasi, mie dan bakso dah agak bosen jadi pengen yang ala-ala bule dikitlah. Sambil iseng jalan di food court eh nemu kedai Pizza yang gak kayak pizza lainnya. Biasanya kalo mesen pizza satu loyang kan satu rasa, kalaupun beli yang slice palingan belinya di outlet kecil-kecil gitu disebelah eskalator.

Penasaran juga sama pizza ini apalagi dari segi ukuran potongannya lebih gede dan bikin laper banget. Namanya Pezzo Pizza ada di lantai 6 Blok M Plaza bagian food court sebelahan sama The Crapes. Harganya :
1 potong Rp 25 rb
3 potong Rp 70rb
6 potong (1 pan ukuran 14 ") Rp 130 rb

Bisa pilih rasa ya. Enak kan dalam satu pan bisa berbagai rasa ada BBQ Bonanza, Cheesy Cheese, Chicken Delight, Hola Hawaiian, Hot Chick, Meat Munchers, Pepperoni Party, Supremo. Yang lengkapnya klik ini aja ya pezzo

Rasanya? Wah karena saya termasuk orang yang doyan makan dan gampang untuk menyesuaikan lidah apalagi saat laper, menurut saya enak dan tebel. Makan satu potong aja juga dah kenyang kok. Penasaran? Nah langsung ke TKP aja ya nanti tulis di komentar gimana rasanya.. Semoga bermanfaat (nidov)

Friday, March 2, 2018

Anyang Ikan, Pedes-Pedes Mak Nyusss....



Anyang ikan, apa itu? Masakan ini berasal dari Ranah Minang biasanya orang menyebut masakan ini dengan asam padeh bahasa Indonesia nya asem pedes. Cuma dari dulu Ibu membahasakan masakan ini dengan istilah "anyang" nah jangan tanya ya artinya apa karena sayapun gak tau, hehehe.

Terus bedanya sama asam padeh apa? Kalau asam padeh selain pedes cabe juga ada asam kandis yang dimasukkan dalam masakan. Nah selama saya tau resep ini dari Ibu, nggak pernah sekalipun Ibu memasukkan asam kandis. 

Soal bumbu hampir mirip kok sama bumbu rica-rica dari manado. Saya yakin kalau masakan Indonesia pasti lezat dan enak ya karena kita kaya sama rempah-rempah jadi rasanya lebih kuat dari masakan western. Mau coba bikin anyang ikan? Yuk ini resepnya

Bahan - bahan :

  • 1 kg ikan tongkol, saya menggunakan tongkol ukuran seperti ikan kembung, kalau mau tongkol besar yang sudah dipotong-potong juga bisa tapi pastikan potongannya lebih besar dari pada ukuran ikan untuk digoreng ya supaya nggak hancur
  • 1 ons cabe merah (ini sesuai selera aja)
  • 8 bh bawang merah 
  • 6 bh bawang putih
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 2 cm jahe
  • 2 cm lengkuas
  • 4 lembar daun jeruk (buang tulang daun)
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang sereh
  • sedikit minyak untuk menumis
  • garam secukupnya
Caranya:
Giling semua bumbu dengan blender, kalau saya semua daun termasuk batang sereh juga ikut diblender karena rasanya lebih enak dan gurih. Plus nggak mubazir juga ya karena saya yakin daun-daunan itu juga berfungsi sebagai obat.

Panaskan sedikit minyak dalam wajan, tumis bumbu hingga harum dengan api sedang. Lalu masukkan ikan, tambahkan air secukupnya. Gak perlu sampai ikan tenggelam karena memasak ikan nggak perlu waktu lama. Tambahkan garam. Tunggu hingga ikan matang. Kalau saya ikannya dibalik sekali supaya matang merata. Dan sumpah bau harumnya itu membahana badai banget dan bikin perut bakalan laper keroncongan. Kurang lebih 20 menit masakan inipun jadi deh..

Kalau masakan yang berkuah ini saran saya jangan dimakan langsung sesaat setelah matang. Diamkan dulu selama 1 jam sampai bumbu meresap dijamin rasanya lebih maknyus. Gimana? gampang banget kan. Yuuk silahkan dicoba dirumah siapa tau jadi resep favorit keluarga. Semoga bermanfaat (nidov)






Thursday, March 1, 2018

Pepes Paha Ayam Tanpa Tulang, Hm...Sedap!


Kalau kemarin lengan ayam goreng sekarang paha ayam tanpa tulang. Hah! emang ada? Ada dong, biasanya kalau ke pasar jangan  ke tempat ayam potong tapi yang khusus menjual bagian ayam secara terpisah, nanti kita bisa pilih mau dada fillet, paha saja, sayap, tulang ayam, kulit hingga daging ayam giling saja nah nanti untuk yang paha juga bisa beli paha tanpa tulang. Kalau di Pasar Kreo Ciledug ada pedagang yang menjual bagian ayam saja. Harga per hari ini khusus paha tanpa tulang per kg 48rb

Apa siy enaknya makan paha ayam tanpa tulang? Bagi penyuka bagian paha ayam katanya dagingnya lebih lembut dan empuk saat dikunyah dibandingkan daging dada. Menurut saya itu hanya soal selera aja. Asal masih daging ayam siy rasanya enak-enak ajaπŸ—πŸ“.

Kali ini saya pingin banget masak pepes ayam tapi hanya bagian paha dan tanpa tulang supaya semuanya bisa dimakan. Untuk alat pepesnya saya menggunakan Happy Call karena lebih cepet matang dan panasnya merata. Itu menurut pengalaman saya selama ini.

Bismillah, kita mulai yuk. Bahannya :
  • 1 kg paha ayam tanpa tulang
  • 1 bh jeruk nipis
  • 4 bawang merah
  • 4 bawang putih
  • 10 bh rawit hijau
  • 10 bh cabe merah
  • 4 bh kemiri
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Daun kemangi
  • Daun jeruk, buang tulang daunnya 
  • Daun bawang diiris
  • Daun pisang sebagai alas

Caranya begini:
Lumuri ayam dengan jeruk nipis. Haluskn bumbu dengan blender mulai bawang merah hingga garam dengan air secukupnya.

Letakkan daun pisang di dasar Happy Call, taburi dengan sebagian kemangi, daun jeruk dan daun bawang. Susun paha ayam diatasnya lumuri dengan bumbu secara merata, kemudian taburi kembali dengan sisa daun kemangi, daun bawang dan daun jeruk. Lalu paling terakhir tutup kembali dengan daun pisang

Tutup rapat Happy Call masak dengan api sedang, setelah 10 menit balik Happy Call-nya, sehingga posisi ayam yang tadinya dibawah menjadi diatas sehingga jadi matang merata. Tunggu sampai ayam lunak dan bumbu meresap. Hanya butuh 20 menit pepes paha ayam tanpa tulangpun jadi deh.. hm.. sedapp... gampang kan?? Semoga bermanfaat yaa. (nidov)

Roti Panggang Ala Resto? Bikin Sendiri Ajalah...




Namanya juga anak-anak kadang cepat bosan sama menu yang ada di rumah ujung-ujungnya minta jajan di luar. Bukan gak mau kasih jajan cuma kadang makanan yang dibeli juga masih bisa dibikin sendiri di rumah. Berasa sayang banget kasih uang segitu cuma buat seporsi, padahal kalau bikin sendiri bisa buat sekeluarga. Hehehe maklum Ibu jaman now harus pinter kelola uang dan musti kreatif gimana supaya anak nggak kepikiran jajan yang aneh-aneh. Tul gak??

Yang paling sering jadi momok itu saat sarapan. Membangkitkan gairah anak untuk mau makan sebelum sekolah juga ampun susahnya. Gak kayak saya dulu, setiap mau berangkat sekolah yang dicari nasi, perut harus kenyang sebelum ke sekolah. Kalaupun jajan disekolah sifatnya cuma cemilan aja. Mungkin dulu juga jajanan gak sevariatif sekarang ya. 

Makanya Ibu jaman now harus lebih keren lagi deh jangan mau kalah sama jajanan yang ada disekitar kita ya. Kalau bikin sendiri jauh lebih sehat, banyak dan murah. Nah seperti kali ini yang lagi hits banget warung ropang alias roti panggang. Kalau liat menunya siy standar banget. Mulai dari mie instan rebus dan goreng, roti panggang aneka topping yang bahannya mudah di dapat, minuman coklat, teh, milkshake sampai es krim. Untuk es krim dengan harga segitu bisa beli sendiri dan makan rame-rame.

Bagusnya menu tadi bisa jadi ide di rumah. Kalau anak-anak mulai bete sama nasi ya sudah ganti menu dengan roti aja. Dan saya lebih seneng beli bahannya di toko kue karena bisa dapet produk sama dengan swalayan tapi harganya jauh beda. Yuk kita mulai bikin roti panggang keju coklat

Bahan:
  • Roti tawar 1 bungkus
  • Mesis
  • Keju
  • Margarin
  • Susu kental manis
Caranya:
Oleskan sedikit margarin pada roti. Panaskan wajan anti lengket atau kalau nggak punya , penggorenganpun oke asal jangan yang berkerak ya. Api nya kecil aja. Panggang roti hingga kedua sisinya kecoklatan

Setelah itu roti langsung bisa di-plating ya Bun, biar lebih menggugah selera, cari piring yang bermotif manis supaya berasa lagi makan di resto πŸ˜‰. Taburi roti dengan mesis atau topping lain misalnya selai, milo, choco chips lalu lapisi dengan lembaran roti lagi

Untuk bagian atas hiasi dengan parutan keju hingga rotinya tertutup supaya lebih menggugah selera taburi kembali dengan susu kental manis dan mesis.. Wew,... yummy..

Jadi nggak perlu lagi deh nongkrong di luar, cukup di rumah aja bisa makan sekenyangnya. Teman makan rotinya bisa dengan semangkuk es krim atau es teh manis. Aih... sedap.. Semoga bermanfaat.. (nidov)





Monday, February 26, 2018

Punya Magic Com? Bikin Bolu Milo Yuuukk...




Siapa yang gak suka cemilan? Apalagi disaat hujan dan dingin? Pasti pengen ngemil makanan yang anget tapi kendalanya males gerak. Kalaupun bisa pesan lewat online, siapa juga yang mau nganter saat hujan lebat? Sementara kalau mau bikin nggak punya oven. Waduh itu siy saya banget, karena emang belum hobi bikin kue maklum tipikal ibu-ibu yang kurang telaten dan maunya cepet jadi. 

Sadar gak sadar ide nongol saat kepepet, bener gak? Begitu liat ada tepung terigu, milo, gula wah mulai deh otaknya cari akal. Kira-kira bahan itu bisa dibikin apa ya? Nah tiba-tiba terlintas gimana kalau bikin bolu aja tanpa pakai oven. Hah! emang bisa? Ya bisa dong, anggep aja magic com sebagai pengganti oven toh sama-sama penghasil panas, bener gak? 

Nah mulai deh mengeksekusi bahan-bahan yang ada. Simpel dan gampang kok. Asal jangan sampai mati listrik aja ya, hehehe.. Ini dia bocoran resepnya. Ups sebelumnya saya info magic com saya berdiameter 20 cm ya kapasitas 2 liter beras.

  • Telur 4 butir
  • Milo 1 gelas belimbing
  • Terigu protein tinggi 1/2 - 3/4 gelas belimbing (ini mah sebenernya ditakar aja kalau adonannya udah pas kekentalannya ya terigu menyesuaikan aja)
  • Gula (karena milo sudah manis, sesuai selera aja)
  • Mentega 3 sdm yang dicairkan
  • Baking Soda 1 sdt
Kocok telur dengan gula hingga mengembang, lalu masukkan mentega cair, terigu, Milo dan terakhir baking soda. Aduk sampai rata dan teksturnya lembut dan pas.

Wadah magic com lumuri dengan mentega dan terigu dulu, baru kemudian tuangkan adonan lalu nyalakan magic com dengan posisi cook ya. Tunggu deh hingga adonan berubah menjadi kue bolu. Kalau saya proses tekan tombolnya sampai 3 kali karena mungki karena ukurannya kecil jadi panas yang dihasilkan juga masih belum cukup untuk bikin adonan kue jadi matang sempurna. Seperti biasa indikator bolu mateng kalau ditusuk garpu adonannya tidak menempel. Gimana, Gampil kan? Silahkan dicoba ya.  Dijamin bakal jadi resep favorit keluarga. Selamat bereksperimen. Semoga bermanfaat. (nidov)




Lengan Ayam Goreng Madu Pedas, hm...Sedap!



Sebelumnya saya bingung menyebut istilah masakan ini apa, karena yang saya tau bagian ayam yang sering menjadi favorit adalah sayap, paha dan dada. Tapi setelah saya pergi ke tukang sayur dekat rumah, Si Bude sebutan bagi penjualnya malah menjual bagian ayam yang lain dari biasanya. Tadinya saya pikir itu adalah paha anak ayam, hehehe karena ukurannya mungil dan memang mirip dengan paha ayam. Tapi masa iya tega amat siy motong anak ayam, masih remaja dan pengen menikmati hidup jugalah pastinya tuh ayam (pikiran ngelantur). Dan ternyata menurut Si Bude itu lengan ayam. What?! Bude bilang sekarang pedagang besar ayam potong juga menyediakan lengan ayam saja karena banyaknya permintaan konsumen. Hm.. begitu, baiklah ya setidaknya lengan ayam ini jadi banyak walau cuma beli setengah kilo. 

Sampai di rumah bingung lengan ayamnya mau diapakan, kalau di goreng pasti melewati proses ungkep, walah kalau ukurannya mungil gini diungkep jadi tambah mengecil, yang ada jadi makin gak nampak montok dan menggoda ya

Akhirnya saya memutuskan untuk membuat lengan ayam madu pedas. Resepnya sederhana aja. Bumbu yang  dihaluskan bawang putih, bawang merah dan lada. Saya selalu menggunakan lada asli yang bulat itu loh dan sama sekali gak berminat pakai lada bubuk instan karena dari rasanya jauh beda. Dan gak pernah menggunakan mecin dan penyedap lainnya. Jangan kebanyakan mecin kasian anak-anak sedang masa pertumbuhan, terlalu banyak pegawet gak baik buat mereka.

Nah campurkan bumbu tadi dengan air secukupnya, tambah garam, perasan jeruk nipis dan madu. Lalu masukkan si lengan ayam. Pastikan lengan ayam terendam bumbu, diamkan selama kurang lebih 6 jam supaya bumbu meresap. Atau masukkan ke dalam lemari es juga boleh. 

Bila akan dimakan, goreng deh dengan menggunakan wajan anti lengket dan api sedang. Menggorengnyapun nggak usah terlalu lama karena nanti bentuknya jadi kurang cantik. Setelah berwarna coklat, angkat dan tiriskan. Siap!! Praktis ya

Pengen makan di saat hangat? Tinggal stok aja di lemari es. Saat ingin makan langsung goreng deh. Dijamin jadi masakan favorit keluarga. Pelengkapnya bisa saos sambal atau biar lebih menggigit padukan dengan sambal terasi, makin wow lagi deh. Selamat mencoba, semoga bermanfaat (nidov)

Sunday, February 25, 2018

Nuget Ayam? Biasa Banget! Nuget Pisang Baru Keren



Siapa yang nggak kenal sama nuget ayam? Makanan olah daging ayam yang dikemas dengan baluran tepung roti dan bisa juga dijadikan sebagai pengganti lauk atau sekedar cemilan. Rata-rata keluarga Indonesia menyediakan nuget sebagai lauk kepepet bila sedang terburu-buru. Coba cek deh bekal anak sekolah jaman now, pasti ada makanan ini ya. Karena selain praktis juga gurih dan pastinya anak-anak suka dengan makanan ini. Si Ibu yang kreatif juga nggak cuma menjadikan ayam sebagai inti resepnya tetapi juga memasukan sayuran agar anak secara nggak sadar sudah makan sayur. Maklum anak-anak sekarang susah sekali makan sayur ya. 

Seiring dengan munculnya kreatifitas dalam menyajikan makanan yang lebih variatif, berkembanglah ide untuk membuat nuget yang tak lagi menjadi pasangan nasi. Salah satunya adalah nuget pisang. What?! Pisang? yup, ide kreatif ini sangat diterima masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Bagi saya sendiri ide ini luar biasa ya karena yang kita tau nuget dipasangkan dengan  nasi plus sambal atau kecap kali ini nuget dipadu dengan berbagai macam topping. Sebelumnya nuget identik dengan rasa asin sekarang justru dengan berbagai rasa manis. Mulai dari coklat, Milo, tiramisu, blueberry, stroberi, matcha, kacang dan lain sebagainya. 

Resepnya pun mudah, bahan baku nuget pisang adalah pisang tanduk (atau pisang lainnya juga bisa asal yang manis), tepung terigu, gula, mentega, garam, air secukupnya. Semua adonan di campur sampai rata dan bertekstur hingga yang bisa dibentuk menjadi bulat atau kotak. Kemudian dilumuri tepung roti lalu di goreng. Jadi deh. Atasnya tinggal ditaburi coklat atau sesuai selera. Sedap kan??

Bagaimana? Ide menarik ya menjadikan pisang tak sekedar menjelma jadi pisang goreng tetapi juga bisa jadi nuget pisang. Bisa dibawa ke sekolah juga sebagai bekal anak. Hm.. Sedap!! Semoga bermanfaat ya (nidov)

Saturday, February 24, 2018

Indonesia Paling Kreatif, Buah Bisa Dijadikan Sop

Orang Indonesia paling kreatif ya, nggak cuma sayur aja yang bisa dibikin sop, buah juga bisa dijadikan sop. Udah nggak asing deh ditelinga istilah sop buah apalagi kalau sudah bulan puasa dijamin makin menjamur peminat dan penjualnya. Malah di tempat saya Mamang yang biasa jualan bubur ayam juga beralih profesi jadi pedagang sop buah kalau bulan puasa.

Sop buah itu isinya yang pasti segala buah campur jadi satu. Apalagi kalau lagi musim buah tertentu dijamin gak pernah absen deh dalam semangkuk sop buah. Bedanya sama es buah apaan dong? Kalau es buah campuran buah ditambah sirup, susu kental manis dan es batu pastinya sedangkan es buah biasanya variasi buahnya gak serame sop buah dengan campuran gula atau sirup plus es batu alias lebih bening.

Serame apa siy sop buah? Wah kalau di tempat saya persis kayak arisan kompleks ramenya.. hehehe.. Mulai alpukat, buah naga, nangka, kelapa, melon, blewah, rambutan (karena lagi musim), tambah sirup plus agar-agar dan susu kental manis putih. Hm... sedap ya. Kalau sedang musim, buah anggur, apel, semangka, nanas, lengkeng, mangga, nata de coco sampai kolang kaling juga bisa loh.

Kalau mau bikin sendiri juga gampang banget kok. Siapkan buah yang lagi musim, sirup, es batu gak perlu diserut juga oke kok langsung cemplung aja dan susu. Tapi bagusnya kalo lagi kumpul-kumpul jadi makin asyik ya makannya. 

Tapi inget juga kandungan sirup dan susu kental manisnya banyak mengandung gula dan perlu diwaspadai terutama bagi penderita diabetes. Harus hati-hati juga ya, kalau bisa minta sama penjual untuk ngga terlalu banyak mencampurkan susu dan sirup. Karena  rasa manis dari buah yang ada juga udah nyuss sedapnya. Kalau bikin sendiri sirupnya bisa diganti yang low kalori ya

Gimana tertarik dengan sop buah? atau malah tertarik pingin buka usaha sampingan? Monggo silahkan dicoba ya, syukur-syukur bisa jualan di sekolah jadi anak-anak kita bisa mengkonsumsi buah dengan asyik ya. Atau bisa juga menjadi hidangan di rumah, setelah lelah beraktifitas bisa menikmati sop buah dengan keluarga. Mantap! Semoga bermanfaat yaa.. (nidov)