Food and Pleasure: February 2018

Monday, February 26, 2018

Punya Magic Com? Bikin Bolu Milo Yuuukk...




Siapa yang gak suka cemilan? Apalagi disaat hujan dan dingin? Pasti pengen ngemil makanan yang anget tapi kendalanya males gerak. Kalaupun bisa pesan lewat online, siapa juga yang mau nganter saat hujan lebat? Sementara kalau mau bikin nggak punya oven. Waduh itu siy saya banget, karena emang belum hobi bikin kue maklum tipikal ibu-ibu yang kurang telaten dan maunya cepet jadi. 

Sadar gak sadar ide nongol saat kepepet, bener gak? Begitu liat ada tepung terigu, milo, gula wah mulai deh otaknya cari akal. Kira-kira bahan itu bisa dibikin apa ya? Nah tiba-tiba terlintas gimana kalau bikin bolu aja tanpa pakai oven. Hah! emang bisa? Ya bisa dong, anggep aja magic com sebagai pengganti oven toh sama-sama penghasil panas, bener gak? 

Nah mulai deh mengeksekusi bahan-bahan yang ada. Simpel dan gampang kok. Asal jangan sampai mati listrik aja ya, hehehe.. Ini dia bocoran resepnya. Ups sebelumnya saya info magic com saya berdiameter 20 cm ya kapasitas 2 liter beras.

  • Telur 4 butir
  • Milo 1 gelas belimbing
  • Terigu protein tinggi 1/2 - 3/4 gelas belimbing (ini mah sebenernya ditakar aja kalau adonannya udah pas kekentalannya ya terigu menyesuaikan aja)
  • Gula (karena milo sudah manis, sesuai selera aja)
  • Mentega 3 sdm yang dicairkan
  • Baking Soda 1 sdt
Kocok telur dengan gula hingga mengembang, lalu masukkan mentega cair, terigu, Milo dan terakhir baking soda. Aduk sampai rata dan teksturnya lembut dan pas.

Wadah magic com lumuri dengan mentega dan terigu dulu, baru kemudian tuangkan adonan lalu nyalakan magic com dengan posisi cook ya. Tunggu deh hingga adonan berubah menjadi kue bolu. Kalau saya proses tekan tombolnya sampai 3 kali karena mungki karena ukurannya kecil jadi panas yang dihasilkan juga masih belum cukup untuk bikin adonan kue jadi matang sempurna. Seperti biasa indikator bolu mateng kalau ditusuk garpu adonannya tidak menempel. Gimana, Gampil kan? Silahkan dicoba ya.  Dijamin bakal jadi resep favorit keluarga. Selamat bereksperimen. Semoga bermanfaat. (nidov)




Lengan Ayam Goreng Madu Pedas, hm...Sedap!



Sebelumnya saya bingung menyebut istilah masakan ini apa, karena yang saya tau bagian ayam yang sering menjadi favorit adalah sayap, paha dan dada. Tapi setelah saya pergi ke tukang sayur dekat rumah, Si Bude sebutan bagi penjualnya malah menjual bagian ayam yang lain dari biasanya. Tadinya saya pikir itu adalah paha anak ayam, hehehe karena ukurannya mungil dan memang mirip dengan paha ayam. Tapi masa iya tega amat siy motong anak ayam, masih remaja dan pengen menikmati hidup jugalah pastinya tuh ayam (pikiran ngelantur). Dan ternyata menurut Si Bude itu lengan ayam. What?! Bude bilang sekarang pedagang besar ayam potong juga menyediakan lengan ayam saja karena banyaknya permintaan konsumen. Hm.. begitu, baiklah ya setidaknya lengan ayam ini jadi banyak walau cuma beli setengah kilo. 

Sampai di rumah bingung lengan ayamnya mau diapakan, kalau di goreng pasti melewati proses ungkep, walah kalau ukurannya mungil gini diungkep jadi tambah mengecil, yang ada jadi makin gak nampak montok dan menggoda ya

Akhirnya saya memutuskan untuk membuat lengan ayam madu pedas. Resepnya sederhana aja. Bumbu yang  dihaluskan bawang putih, bawang merah dan lada. Saya selalu menggunakan lada asli yang bulat itu loh dan sama sekali gak berminat pakai lada bubuk instan karena dari rasanya jauh beda. Dan gak pernah menggunakan mecin dan penyedap lainnya. Jangan kebanyakan mecin kasian anak-anak sedang masa pertumbuhan, terlalu banyak pegawet gak baik buat mereka.

Nah campurkan bumbu tadi dengan air secukupnya, tambah garam, perasan jeruk nipis dan madu. Lalu masukkan si lengan ayam. Pastikan lengan ayam terendam bumbu, diamkan selama kurang lebih 6 jam supaya bumbu meresap. Atau masukkan ke dalam lemari es juga boleh. 

Bila akan dimakan, goreng deh dengan menggunakan wajan anti lengket dan api sedang. Menggorengnyapun nggak usah terlalu lama karena nanti bentuknya jadi kurang cantik. Setelah berwarna coklat, angkat dan tiriskan. Siap!! Praktis ya

Pengen makan di saat hangat? Tinggal stok aja di lemari es. Saat ingin makan langsung goreng deh. Dijamin jadi masakan favorit keluarga. Pelengkapnya bisa saos sambal atau biar lebih menggigit padukan dengan sambal terasi, makin wow lagi deh. Selamat mencoba, semoga bermanfaat (nidov)

Sunday, February 25, 2018

Nuget Ayam? Biasa Banget! Nuget Pisang Baru Keren



Siapa yang nggak kenal sama nuget ayam? Makanan olah daging ayam yang dikemas dengan baluran tepung roti dan bisa juga dijadikan sebagai pengganti lauk atau sekedar cemilan. Rata-rata keluarga Indonesia menyediakan nuget sebagai lauk kepepet bila sedang terburu-buru. Coba cek deh bekal anak sekolah jaman now, pasti ada makanan ini ya. Karena selain praktis juga gurih dan pastinya anak-anak suka dengan makanan ini. Si Ibu yang kreatif juga nggak cuma menjadikan ayam sebagai inti resepnya tetapi juga memasukan sayuran agar anak secara nggak sadar sudah makan sayur. Maklum anak-anak sekarang susah sekali makan sayur ya. 

Seiring dengan munculnya kreatifitas dalam menyajikan makanan yang lebih variatif, berkembanglah ide untuk membuat nuget yang tak lagi menjadi pasangan nasi. Salah satunya adalah nuget pisang. What?! Pisang? yup, ide kreatif ini sangat diterima masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Bagi saya sendiri ide ini luar biasa ya karena yang kita tau nuget dipasangkan dengan  nasi plus sambal atau kecap kali ini nuget dipadu dengan berbagai macam topping. Sebelumnya nuget identik dengan rasa asin sekarang justru dengan berbagai rasa manis. Mulai dari coklat, Milo, tiramisu, blueberry, stroberi, matcha, kacang dan lain sebagainya. 

Resepnya pun mudah, bahan baku nuget pisang adalah pisang tanduk (atau pisang lainnya juga bisa asal yang manis), tepung terigu, gula, mentega, garam, air secukupnya. Semua adonan di campur sampai rata dan bertekstur hingga yang bisa dibentuk menjadi bulat atau kotak. Kemudian dilumuri tepung roti lalu di goreng. Jadi deh. Atasnya tinggal ditaburi coklat atau sesuai selera. Sedap kan??

Bagaimana? Ide menarik ya menjadikan pisang tak sekedar menjelma jadi pisang goreng tetapi juga bisa jadi nuget pisang. Bisa dibawa ke sekolah juga sebagai bekal anak. Hm.. Sedap!! Semoga bermanfaat ya (nidov)

Saturday, February 24, 2018

Indonesia Paling Kreatif, Buah Bisa Dijadikan Sop

Orang Indonesia paling kreatif ya, nggak cuma sayur aja yang bisa dibikin sop, buah juga bisa dijadikan sop. Udah nggak asing deh ditelinga istilah sop buah apalagi kalau sudah bulan puasa dijamin makin menjamur peminat dan penjualnya. Malah di tempat saya Mamang yang biasa jualan bubur ayam juga beralih profesi jadi pedagang sop buah kalau bulan puasa.

Sop buah itu isinya yang pasti segala buah campur jadi satu. Apalagi kalau lagi musim buah tertentu dijamin gak pernah absen deh dalam semangkuk sop buah. Bedanya sama es buah apaan dong? Kalau es buah campuran buah ditambah sirup, susu kental manis dan es batu pastinya sedangkan es buah biasanya variasi buahnya gak serame sop buah dengan campuran gula atau sirup plus es batu alias lebih bening.

Serame apa siy sop buah? Wah kalau di tempat saya persis kayak arisan kompleks ramenya.. hehehe.. Mulai alpukat, buah naga, nangka, kelapa, melon, blewah, rambutan (karena lagi musim), tambah sirup plus agar-agar dan susu kental manis putih. Hm... sedap ya. Kalau sedang musim, buah anggur, apel, semangka, nanas, lengkeng, mangga, nata de coco sampai kolang kaling juga bisa loh.

Kalau mau bikin sendiri juga gampang banget kok. Siapkan buah yang lagi musim, sirup, es batu gak perlu diserut juga oke kok langsung cemplung aja dan susu. Tapi bagusnya kalo lagi kumpul-kumpul jadi makin asyik ya makannya. 

Tapi inget juga kandungan sirup dan susu kental manisnya banyak mengandung gula dan perlu diwaspadai terutama bagi penderita diabetes. Harus hati-hati juga ya, kalau bisa minta sama penjual untuk ngga terlalu banyak mencampurkan susu dan sirup. Karena  rasa manis dari buah yang ada juga udah nyuss sedapnya. Kalau bikin sendiri sirupnya bisa diganti yang low kalori ya

Gimana tertarik dengan sop buah? atau malah tertarik pingin buka usaha sampingan? Monggo silahkan dicoba ya, syukur-syukur bisa jualan di sekolah jadi anak-anak kita bisa mengkonsumsi buah dengan asyik ya. Atau bisa juga menjadi hidangan di rumah, setelah lelah beraktifitas bisa menikmati sop buah dengan keluarga. Mantap! Semoga bermanfaat yaa.. (nidov)