Food and Pleasure: Indonesia Paling Kreatif, Buah Bisa Dijadikan Sop

Saturday, February 24, 2018

Indonesia Paling Kreatif, Buah Bisa Dijadikan Sop

Orang Indonesia paling kreatif ya, nggak cuma sayur aja yang bisa dibikin sop, buah juga bisa dijadikan sop. Udah nggak asing deh ditelinga istilah sop buah apalagi kalau sudah bulan puasa dijamin makin menjamur peminat dan penjualnya. Malah di tempat saya Mamang yang biasa jualan bubur ayam juga beralih profesi jadi pedagang sop buah kalau bulan puasa.

Sop buah itu isinya yang pasti segala buah campur jadi satu. Apalagi kalau lagi musim buah tertentu dijamin gak pernah absen deh dalam semangkuk sop buah. Bedanya sama es buah apaan dong? Kalau es buah campuran buah ditambah sirup, susu kental manis dan es batu pastinya sedangkan es buah biasanya variasi buahnya gak serame sop buah dengan campuran gula atau sirup plus es batu alias lebih bening.

Serame apa siy sop buah? Wah kalau di tempat saya persis kayak arisan kompleks ramenya.. hehehe.. Mulai alpukat, buah naga, nangka, kelapa, melon, blewah, rambutan (karena lagi musim), tambah sirup plus agar-agar dan susu kental manis putih. Hm... sedap ya. Kalau sedang musim, buah anggur, apel, semangka, nanas, lengkeng, mangga, nata de coco sampai kolang kaling juga bisa loh.

Kalau mau bikin sendiri juga gampang banget kok. Siapkan buah yang lagi musim, sirup, es batu gak perlu diserut juga oke kok langsung cemplung aja dan susu. Tapi bagusnya kalo lagi kumpul-kumpul jadi makin asyik ya makannya. 

Tapi inget juga kandungan sirup dan susu kental manisnya banyak mengandung gula dan perlu diwaspadai terutama bagi penderita diabetes. Harus hati-hati juga ya, kalau bisa minta sama penjual untuk ngga terlalu banyak mencampurkan susu dan sirup. Karena  rasa manis dari buah yang ada juga udah nyuss sedapnya. Kalau bikin sendiri sirupnya bisa diganti yang low kalori ya

Gimana tertarik dengan sop buah? atau malah tertarik pingin buka usaha sampingan? Monggo silahkan dicoba ya, syukur-syukur bisa jualan di sekolah jadi anak-anak kita bisa mengkonsumsi buah dengan asyik ya. Atau bisa juga menjadi hidangan di rumah, setelah lelah beraktifitas bisa menikmati sop buah dengan keluarga. Mantap! Semoga bermanfaat yaa.. (nidov)

6 comments:

Silahkan komen ya...