Food and Pleasure: Lengan Ayam Goreng Madu Pedas, hm...Sedap!

Monday, February 26, 2018

Lengan Ayam Goreng Madu Pedas, hm...Sedap!



Sebelumnya saya bingung menyebut istilah masakan ini apa, karena yang saya tau bagian ayam yang sering menjadi favorit adalah sayap, paha dan dada. Tapi setelah saya pergi ke tukang sayur dekat rumah, Si Bude sebutan bagi penjualnya malah menjual bagian ayam yang lain dari biasanya. Tadinya saya pikir itu adalah paha anak ayam, hehehe karena ukurannya mungil dan memang mirip dengan paha ayam. Tapi masa iya tega amat siy motong anak ayam, masih remaja dan pengen menikmati hidup jugalah pastinya tuh ayam (pikiran ngelantur). Dan ternyata menurut Si Bude itu lengan ayam. What?! Bude bilang sekarang pedagang besar ayam potong juga menyediakan lengan ayam saja karena banyaknya permintaan konsumen. Hm.. begitu, baiklah ya setidaknya lengan ayam ini jadi banyak walau cuma beli setengah kilo. 

Sampai di rumah bingung lengan ayamnya mau diapakan, kalau di goreng pasti melewati proses ungkep, walah kalau ukurannya mungil gini diungkep jadi tambah mengecil, yang ada jadi makin gak nampak montok dan menggoda ya

Akhirnya saya memutuskan untuk membuat lengan ayam madu pedas. Resepnya sederhana aja. Bumbu yang  dihaluskan bawang putih, bawang merah dan lada. Saya selalu menggunakan lada asli yang bulat itu loh dan sama sekali gak berminat pakai lada bubuk instan karena dari rasanya jauh beda. Dan gak pernah menggunakan mecin dan penyedap lainnya. Jangan kebanyakan mecin kasian anak-anak sedang masa pertumbuhan, terlalu banyak pegawet gak baik buat mereka.

Nah campurkan bumbu tadi dengan air secukupnya, tambah garam, perasan jeruk nipis dan madu. Lalu masukkan si lengan ayam. Pastikan lengan ayam terendam bumbu, diamkan selama kurang lebih 6 jam supaya bumbu meresap. Atau masukkan ke dalam lemari es juga boleh. 

Bila akan dimakan, goreng deh dengan menggunakan wajan anti lengket dan api sedang. Menggorengnyapun nggak usah terlalu lama karena nanti bentuknya jadi kurang cantik. Setelah berwarna coklat, angkat dan tiriskan. Siap!! Praktis ya

Pengen makan di saat hangat? Tinggal stok aja di lemari es. Saat ingin makan langsung goreng deh. Dijamin jadi masakan favorit keluarga. Pelengkapnya bisa saos sambal atau biar lebih menggigit padukan dengan sambal terasi, makin wow lagi deh. Selamat mencoba, semoga bermanfaat (nidov)

6 comments:

Silahkan komen ya...