Food and Pleasure: Anyang Ikan, Pedes-Pedes Mak Nyusss....

Friday, March 2, 2018

Anyang Ikan, Pedes-Pedes Mak Nyusss....



Anyang ikan, apa itu? Masakan ini berasal dari Ranah Minang biasanya orang menyebut masakan ini dengan asam padeh bahasa Indonesia nya asem pedes. Cuma dari dulu Ibu membahasakan masakan ini dengan istilah "anyang" nah jangan tanya ya artinya apa karena sayapun gak tau, hehehe.

Terus bedanya sama asam padeh apa? Kalau asam padeh selain pedes cabe juga ada asam kandis yang dimasukkan dalam masakan. Nah selama saya tau resep ini dari Ibu, nggak pernah sekalipun Ibu memasukkan asam kandis. 

Soal bumbu hampir mirip kok sama bumbu rica-rica dari manado. Saya yakin kalau masakan Indonesia pasti lezat dan enak ya karena kita kaya sama rempah-rempah jadi rasanya lebih kuat dari masakan western. Mau coba bikin anyang ikan? Yuk ini resepnya

Bahan - bahan :

  • 1 kg ikan tongkol, saya menggunakan tongkol ukuran seperti ikan kembung, kalau mau tongkol besar yang sudah dipotong-potong juga bisa tapi pastikan potongannya lebih besar dari pada ukuran ikan untuk digoreng ya supaya nggak hancur
  • 1 ons cabe merah (ini sesuai selera aja)
  • 8 bh bawang merah 
  • 6 bh bawang putih
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 2 cm jahe
  • 2 cm lengkuas
  • 4 lembar daun jeruk (buang tulang daun)
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang sereh
  • sedikit minyak untuk menumis
  • garam secukupnya
Caranya:
Giling semua bumbu dengan blender, kalau saya semua daun termasuk batang sereh juga ikut diblender karena rasanya lebih enak dan gurih. Plus nggak mubazir juga ya karena saya yakin daun-daunan itu juga berfungsi sebagai obat.

Panaskan sedikit minyak dalam wajan, tumis bumbu hingga harum dengan api sedang. Lalu masukkan ikan, tambahkan air secukupnya. Gak perlu sampai ikan tenggelam karena memasak ikan nggak perlu waktu lama. Tambahkan garam. Tunggu hingga ikan matang. Kalau saya ikannya dibalik sekali supaya matang merata. Dan sumpah bau harumnya itu membahana badai banget dan bikin perut bakalan laper keroncongan. Kurang lebih 20 menit masakan inipun jadi deh..

Kalau masakan yang berkuah ini saran saya jangan dimakan langsung sesaat setelah matang. Diamkan dulu selama 1 jam sampai bumbu meresap dijamin rasanya lebih maknyus. Gimana? gampang banget kan. Yuuk silahkan dicoba dirumah siapa tau jadi resep favorit keluarga. Semoga bermanfaat (nidov)






6 comments:

  1. Buat daging bisa ni?

    ReplyDelete
  2. Kalao cabenya diganti cabe ijo bisa gak ya??

    ReplyDelete
  3. Kalo daging bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa asal masaknya lbih lama lagi sampai daging empuk

      Delete

Silahkan komen ya...