Food and Pleasure: Gulai Hijau Ikan Kuwe Plus Kacang Panjang.Hm.. Nikmat

Thursday, March 8, 2018

Gulai Hijau Ikan Kuwe Plus Kacang Panjang.Hm.. Nikmat


Dulu saya nggak pernah tau ada ikan dengan nama Kuwe, maklumlah dilahirkan di daerah pegunungan jadi lebih akrab dengan ikan air tawar. Setelah seorang kawan mentraktir saya di restoran Manado , disana saya baru tau ikan Kuwe. Sejenis ikan laut dengan rasa dagingnya siy mirip bawal dan ikan kembung menurut saya loh.

Kemarin saya ke pasar dan menemukan ikan Kuwe, wah seneng dong pastinya. Pengen bikin masakan dengan olahan ikan yang rasanya kudu Padang bangetlah. Suami paling suka ikan karena beliau lahir dan tinggal di daerah pesisir pantai dan bisa dipastikan masakan ibu mertua lebih yahud saat mengolah ikan laut beserta "gank"laut lainnya. Setidaknya saya juga harus bisa menyajikan masakan laut dengan segenap kemampuan saya dong walau masih jauh kalah dari ibu mertua tetapi lebih baik mencoba kan?

Nah pilihan saya jatuh pada gulai, tapi tak mau gulai merah pingin gulai hijau biar variatif dikitlah dan harus dipadu dengan sayur. Kenapa? karena lagi males masak sayur terpisah dan biar irit juga jadi skalian sayurnya bisa nyemplung di dalam gulai. Maklum ibu rumah tangga harus pinter mensiasati lauk supaya bisa bikin 1 macem tapi mencakup segala protein dan vitamin (dibaca : males 😀). Penasaran dong resepnya kayak apa, yuk dibaca sampai tuntas ya.

Bahan :
1 ekor ikan Kuwe (punya saya 3/4), dipotong sesuai selera aja
10 bh kacang panjang dipotong 10cm
1/2 bh kelapa dijadikan 1 liter santan

Bumbu halus:
10 bh cabe hijau keriting 
10 bh cabe rawit hijau
5 bh bawang merah
5 bh bawang putih
1 cm lengkuas
2 cm jahe
4 bh daun jeruk
2 daun salam
1 cm kunyit 
1 bh daun sereh
Sedikit biji pala
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Inget smua daun diblender aja karena daun tadi banyak mengandung obat dan anti oksidan plus jangan mubazir juga, kalau bisa dikonsumsi kenapa harus dibuang.

Caranya gampang banget:
Masukkan santan, bumbu yang dihaluskan, kacang panjang dan ikan bersamaan lalu masak dengan api sedang. Tunggu deh hingga mendidih, gak perlu diaduk sering-sering ya nanti ikannya hancur. Untuk memasak gulai ikan saya hanya membutuhkan waktu 15 menit. Cepet kan? Nah seperti biasa untuk masakan bernuansa gulai ini lebih enak dimakan minimal 1 jam setelah matang supaya rasanya lebih meresap dan lebih mantap lagi.

Untuk resep aslinya kebiasaan orang minang dengan santan kental dari 1 kelapa, tapi mengingat usia yang tak lagi muda perhatikan juga kesehatan, ya kan? Apalagi kalau beli santan yang sudah diperas, dijamin 1/2 kelapa aja udah kentel kok. Penasaran? Silahkan dicoba deh... Semoga bermanfaat ya (nidov)

4 comments:

Silahkan komen ya...