Food and Pleasure: Mie Ayam Nidova Tanpa Mecin.. Ini Resepnya....

Tuesday, March 20, 2018

Mie Ayam Nidova Tanpa Mecin.. Ini Resepnya....


Saya penggemar mie ayam banget apalagi pakai bakso dan pangsit goreng. Cuma kadang abis makan mie rasanya kok kerongkongan seret banget dan bawaannya jadi haus melulu. Katanya siy efek mecin, ah Wallahu álam deh. Karena mikirin enak dan kenyang apalagi kalo tambah sambel,hm... dijamin makin enak aja dan nggak menghiraukan mecin.

Nah kali ini saya coba bikin mie ayam sendiri dengan kemampuan yang luar biasa pede nya hehehe.. Modal pandai memasak itu kudu pede dulu dong, urusan enak atau nggak enak mah dipikirinnya nanti dulu. Toh namanya belajar masak pasti ada prosesnya dong. Bocah aja belajar jalan pake jatuh-jatuh dulu. Ya gak?? Sekarang yuk kita fokus sama resep mie ayamnya.

Bahan:
1 bungkus mie ayam mentah (bisa untuk 10 porsi), udah banyak yang jual kok di pasar
1 bungkus pangsit mentah ini juga ada di pasar
1/4 kg sawi hijau
3/4 kg daging dada ayam fillet
1/2 kg tulang ayam untuk diambil kaldunya
1/2 sdt lada hitam bubuk

Bumbu yang dihaluskan:
1 cm jahe 
3 bh bawang merah
3 bh bawang putih
3 lembar daun jeruk

Pelengkap:
daun bawang diiris sesuai selera
kecap manis sesuai selera
garam secukupnya
bawang goreng
bakso sapi sebungkus isi 40 bh
minyak goreng 
air secukupnya
saos sambal

Caranya:
1. Membuat Topping Ayam

Iris dada ayam fillet, haluskan bumbu. Lalu siapkan wajan diatas kompor dengan api sedang, masukkan 2 sdm minyak goreng kemudian tumis bumbu hingga harum. Setelah itu masukkan irisan daging ayam tambahkan air, lada hitam bubuk, kecap manis, garam dan irisan daun bawang. Masak hingga matang kurang lebih hanya 10 menit. Jadi deh

2. Membuat Pangsit Goreng

Karena pangsit yang dari pasar berbentuk lembaran dan masih mentah, nah tinggal di goreng deh kayak menggoreng kerupuk aja kok. Bila sudah kecoklatan angkat deh

3. Mengolah Mie Mentah dan Sawi Hijau

Sama dengan pangsit, mie juga masih mentah. Rebus air tunggu hingga mendidih, masukkan mie dan masak sesuai selera. Kalau saya sukanya 1/2 matang

Begitu juga dengan sawi hijau, saya menggunakan wadah yang berbeda dengan mie. Karena rebusan mie makin lama makin mengental karena tepungnya tertinggal di wajan. Potong sawi lalu rebus sebentar dalam air mendidih

4. Membuat Kuah Mie

Siapkan wajan isi dengan air, masukkan tulang ayam rebus hingga kari tulang ayamnya mulai tercium harum tambahkan sedikit garam, bakso dan irisan daun bawang. Jadi kuahnya  harum tanpa perlu menambahkan lagi irisan daun bawang di mangkok. Nah jadi deh

Yuuk sekarang plating ke mangkuk, seperti mamang mie ayam yang profesional dong. Masukkan mie, lalu kuah, bakso, taburi dengan bawang goreng, pangsit goreng plus saos. Hm.. sedap!! 

Gimana gampil kan?? kalo mau nambah juga boleh sesukanya. Pun kalau ayamnya nggak habis jangan khawatir masih bisa dimakan bareng nasi kok alias jadi lauk. Nah semoga bermanfaat yaa

Mau coba menu lain yuuk klik

6 comments:

  1. wah , kalau aku bisa gak ya. sukanya tinggal makan saja nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. BIsa dooong... gampang bangettttt.. ayo dear bikin

      Delete
  2. Mienya nggak dikasih bumbu? Kan tawar takada rasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah mbak karena nanti rasanya daru kuah ayam nya

      Delete
  3. Kalo aku, mie nya itu setelah direbus, ditirisin . Trs di kasih sedikit minyak wijen dan bubuk jamur. Itu bikin mie jd ada rasa dan dimakan gt aja udh enak. Ditambah kuah dan topping, makin juara :D

    ReplyDelete
  4. wah patut dicoba euy... mksh mbak say... InsyaaAllah nanti diterapkan

    ReplyDelete

Silahkan komen ya...