Food and Pleasure: Pempek Sosis dan Bakso? Gini Cara Bikinnya..

Tuesday, March 27, 2018

Pempek Sosis dan Bakso? Gini Cara Bikinnya..


Gak tau kenapa pengen banget ngemil tapi nggak mau beli karena biasanya kalo saya ngemil masa tega nggak beliin anak dan suami? Dan dah pasti jajanan sekarang mana ada yang murah kalo beli?, pun kalo mau banyak mau nggak mau harus bisa bikin sendiri supaya bisa puas makannya. Nah yang jadi masalah adalah saya belom tau sama sekali cara bikinnya, ada keraguan bakalan sukses apa nggak ya?

Tapi semua diawali dengan niat yang kuat dan percaya diri dong. Toh saya bikin untuk menyenangkan keluarga, yang udah-udah sih bikin apa aja pada suka walaupun rasa nomor sekian yang penting ada cemilan yang bisa dimakan, hehehe.

Kali ini saya pingin banget pempek walau agak pesimis karena kepengennya muncul di siang bolong dan udah pasti bahan bakunya si ikan tenggiri udah nggak ada di pasar. Muncul ide nggak usah pake ikan tenggiri mungkin juga yahud ya. Toh mamang yang jual mpek-mpek di sekolahan juga nggak pake ikan tapi rasanya ya gitu deh, sesuai harga. Nah supaya beda saya menambahkan sosis dan bakso sebagai isi mpek-mpeknya, biar keren dikit dong. Penasaran? Simak yuuk resep dan cara bikinnya

Bahan Pempek:
300 gr terigu
300 gr tapioka
1 sdm garam
1 bungkus penyedap
1 butir telur
500 ml air mendidih 
6 bh bawang putih cincang
Sosis dan bakso
minyak untuk menggoreng

+ 2 liter air untuk merebus adonan


Bahan Kuah:
250 gr gula merah
asam jawa sesuai selera (didihkan pada sedikit air lalu saring)
10 bh rawit merah
6 bh bawang putih
2 sdm garam
500 ml air

Saya tak menggunakan cuka karena gak bagus buat lambung saya.
Caranya:
Campurkan terigu, garam, bawang putih dan penyedap lalu aduk hingga rata. Perlahan tuang air mendidih secara, aduk dengan sendok kayu karena panas hingga adonan menggumpal dan berubah bentuk menjadi seperti bubur kenyal. Diamkan selama 10 menit supaya uapnya keluar

Lalu masukan telur aduk kembali hingga rata kemudian masukan tapioka perlahan hingga habis. Aduk merata adonannya nggak kalis kayak adonan kue, masih lengket gitu. 


Sekarang tinggal cetak adonan. Caranya balur tangan dengan tapioka supaya nggak lengket ambil adonan sesuai selera, masukan sosis lalu bungkus sosis sampai semua permukaannya tertutup. Lakukan hal itu pada bakso juga. Gampangnya saya bikin pempek sosis dengan bentuk lonjong pipih, bakso dengan bentuk bulat.

Pempek mentah tadi rebus dalam air mendidih selama kurang lebih 5-10 menit, lalu angkat dan tiriskan. Setelah itu lumuri lagi dengan tepung tapioka supaya nggak lengket dan saat digoreng nggak bikin minyaknya berhamburan. Berikutnya panaskan minyak, lalu goreng pempeknya. Jadi deh.

Untuk kuah, haluskan bawang putih dan cabe rawit kemudian masukan dalam panci campur dengan air, gula merah, air asam jawa dan garam. Supaya cepat matang, gula merahnya iris tipis-tipis dulu ya. Setelah mendidih saring supaya nggak ada ampasnya. Nah siap deh dihidangkan. Gimana gampang kan? Kalo saya bisa bikin 14 buah pempek seukuran kapal selam dengan takaran adonan seperti itu. Hemat kan? Selamat mencoba






2 comments:

  1. Waaahhh pempek ala2 tanpa ikan yaaa. . Jd inget zaman sekolah hahahag. . Kayaknya sih gampang mba :) .. Pas long weekend besok jd pgn coba :D

    ReplyDelete
  2. Emang gampang mbak.. gak ribet. Nah itu dia inget kan di sekolah pempeknya rada alot2 gt krn komposisi tapiokanya lebih banyak ternyata ya masalah harga krn tapioka emang murce.. hehehhe... silahkan mencoba yaaa

    ReplyDelete

Silahkan komen ya...