Food and Pleasure: Pepes Paha Ayam Tanpa Tulang, Hm...Sedap!

Thursday, March 1, 2018

Pepes Paha Ayam Tanpa Tulang, Hm...Sedap!


Kalau kemarin lengan ayam goreng sekarang paha ayam tanpa tulang. Hah! emang ada? Ada dong, biasanya kalau ke pasar jangan  ke tempat ayam potong tapi yang khusus menjual bagian ayam secara terpisah, nanti kita bisa pilih mau dada fillet, paha saja, sayap, tulang ayam, kulit hingga daging ayam giling saja nah nanti untuk yang paha juga bisa beli paha tanpa tulang. Kalau di Pasar Kreo Ciledug ada pedagang yang menjual bagian ayam saja. Harga per hari ini khusus paha tanpa tulang per kg 48rb

Apa siy enaknya makan paha ayam tanpa tulang? Bagi penyuka bagian paha ayam katanya dagingnya lebih lembut dan empuk saat dikunyah dibandingkan daging dada. Menurut saya itu hanya soal selera aja. Asal masih daging ayam siy rasanya enak-enak aja🍗🐓.

Kali ini saya pingin banget masak pepes ayam tapi hanya bagian paha dan tanpa tulang supaya semuanya bisa dimakan. Untuk alat pepesnya saya menggunakan Happy Call karena lebih cepet matang dan panasnya merata. Itu menurut pengalaman saya selama ini.

Bismillah, kita mulai yuk. Bahannya :
  • 1 kg paha ayam tanpa tulang
  • 1 bh jeruk nipis
  • 4 bawang merah
  • 4 bawang putih
  • 10 bh rawit hijau
  • 10 bh cabe merah
  • 4 bh kemiri
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Daun kemangi
  • Daun jeruk, buang tulang daunnya 
  • Daun bawang diiris
  • Daun pisang sebagai alas

Caranya begini:
Lumuri ayam dengan jeruk nipis. Haluskn bumbu dengan blender mulai bawang merah hingga garam dengan air secukupnya.

Letakkan daun pisang di dasar Happy Call, taburi dengan sebagian kemangi, daun jeruk dan daun bawang. Susun paha ayam diatasnya lumuri dengan bumbu secara merata, kemudian taburi kembali dengan sisa daun kemangi, daun bawang dan daun jeruk. Lalu paling terakhir tutup kembali dengan daun pisang

Tutup rapat Happy Call masak dengan api sedang, setelah 10 menit balik Happy Call-nya, sehingga posisi ayam yang tadinya dibawah menjadi diatas sehingga jadi matang merata. Tunggu sampai ayam lunak dan bumbu meresap. Hanya butuh 20 menit pepes paha ayam tanpa tulangpun jadi deh.. hm.. sedapp... gampang kan?? Semoga bermanfaat yaa. (nidov)

5 comments:

  1. pepes, aku selalu suak dengan yg namanya pepes

    ReplyDelete
  2. Uni, selain pakai happy call bisa pake kukusan gt gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok.. Asal tutup pancinya dikasih kain gt biar uap airnya gak masuk ke dalam pepes

      Delete

Silahkan komen ya...