Food and Pleasure: Rendang Ayam Nidova, Ini Resepnya.... Gampil Banget

Friday, March 9, 2018

Rendang Ayam Nidova, Ini Resepnya.... Gampil Banget


Siapa yang gak suka rendang, pasti semua doyan apalagi rendang juga merupakan makanan favorit yang telah diakui dunia. Masakan penuh dengan cita rasa dan bumbu yang kuat dan terkenal dengan durasi memasaknya yang lama tapi abisnya cepet... hehehe karena enak jadi gak sadar kalau makan nambah mulu.


Biasanya bahan utama rendang adalah daging tapi sebenarnya masih banyak ragam bahan utama yang bisa dijadikan rendang misalnya ayam, bebek, jengkol, keong hingga hati sapipun bisa. Mantep ya.



Kali ini saya ingin coba masak rendang ayam, resep yang diturunkan Ibu pada saya walaupun ilmu saya masih cetek banget dibanding Ibu yang sudah handal dan mumpuni. Tapi yakinlah saat kita berusaha keras apalagi dibarengi niat yang ikhlas untuk membahagiakan keluarga pasti akan berbuah manis dan InsyaaAllah jadi enak. Udah nggak sabar kan yuk simak apa aja bahannya dan bagaimana caranya

Bahan:
1 kg ayam negri ( 1 ekor juga boleh) dipotong menjadi 8 bagian, kenapa? supaya ayamnya nggak hancur jangan lupa buang kulitnya dan cuci bersih ya. 
2 kelapa diambil santannya saja menjadi 3 liter

Bumbu yang dihaluskan:
6 bh bawang merah
6 buah bawang putih
2 cm lengkuas
2 cm jahe
1/2 sdt ketumbar
1 ons cabe merah (ini mah sesuai selera aja)
sedikit biji pala
1 lembar daun kunyit
4 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1 batang sereh
garam secukupnya
* gunakan air kelapa untuk menghaluskan kalau pakai blender, supaya rasa manis alaminya dapet

Seperti biasa semua daun ikut dihaluskan karena lebih enak, harum dan kandungan zat antioksidan pada daun tadi juga bermanfaat bagi tubuh loh plus jangan mubazir

Bahan yang lain yang ikut "dicemplungin":
5 bh cengkeh
3 cm kayu manis

Pasti pada nanya kenapa dua bahan ini nggak ikutan diblender. Hehehe karena kedua bahan ini punya aroma yang sungguh kuat luar biasa, yang ada nanti malah rendangnya kurang nikmat karena berasa makan rendang rasa cengkeh dan kayu manis.

Caranya:
Tuang santan dalam kuali besar dengan diameter 50cm, masukkan bumbu yang dihaluskan sekaligus cengkeh dan kayu manis dengan api sedang. Disini beda cara memasak rendang daging dan ayam. Kalau rendang daging, saat memasukkan santan dan bumbu, si daging ikut masuk sekaligus karena daging lebih lama matang dan empuk

Nah kalau rendang ayam justru si ayam masuknya belakangan setelah santannya mengental dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Kok begitu? Karena si ayam ini lebih cepet matang dan kalau dimasak lama malah hancur. 

Trus tandanya apa dong kalau ayam sudah siap bergabung dengan santan dan bumbu? Yang seperti saya bilang biarkan santan dan bumbu berubah warna menjadi kuning kecoklatan dan sudah mulai mengeluarkan minyak. Orang minang bilang kalau sudah berubah menjadi bumbu kaliyo nah baru deh si ayam dimasukkan, aduknya pelan pelan aja. Api dikecilkan agar gak gosong. Jangan pernah lupa mengaduk ya nanti takut bumbunya lengket. 

Aduknya gak perlu terus-terusan cukup 5 menit sekali aja, tunggu sampai kuah mulai mengering dan berubah warna menjadi coklat. Selama proses itu dijamin bau harumnya menyebar ke seluruh antero rumah dan bikin perut bernyanyi gembira.. hehehe

Kalau saya dari mulai menyiapkan bumbu hingga matang hanya perlu waktu 2 jam untuk memasak rendang ayam. Kalau rendang daging bisa 3-4 jam makanya saya lebih suka masak rendang ayam. Bukan apa-apa, masaknya aja lumayan lama abisnya itu loh cepet banget. Hehehe.. tanda berkah dan enak pastinyo ya... Gimana minat mau coba? Silahkan deh atau ada yang bingung? Monggo komen di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat

6 comments:

  1. kayaknya harus nyoba juga nih..rendang ayam. bosen juga rendang daging..sesekali rendang ayam lebih hemat ngeluarin budget heheh

    ReplyDelete
  2. Izin share dan praktekkan dirumah

    ReplyDelete
  3. Inget mama jadinya. Sering masak rendang, ntah itu pake daging (pas lebaran), pake ayam (sebulan sekali), pake paru (kalo mau pergi2, dijadiin bekal :p)

    Kalo masak sendiri aku blm pernah. Soalnya inget bumbunya banyak bangettttt :p. Kapan2 bolehlah, resep yg ini dicoba :)

    ReplyDelete

Silahkan komen ya...